Beachwalk Kuta – Bali, L3 AC 28-29, Jl. Pantai Kuta, Bali 80361 

Memanglah masih relatif baru, tetapi perkambangan industri batik di bali demikian cepat. mungkin dikarenakan bali menaruh banyak potensi motif serta design lokal. beberapa puluh design batik khas bali sudah lahir. dari yang bernilai murah sampai yang selangit. sejauh ini, harga pasaran rata-rata batik tulis yang beredar di bali bali yang berkwalitas bagus di bandrol dengan harga rp 350 ribu sampai rp 5 juta. tingginya harga tersebut dikarenakan batik-batik tersebut dibikin dari kain bermutu serta digambar dengan tangan dan menggunakan bahan pewarna alami layaknya yang dibikin oleh ida ayu pidada ( dengan merk batik wong bali ) atau oleh a. a. inten trisna manuambari ( dengan merk diamanta ).

batik sendiri merupakan hasil kerajinan yang sudah jadi sisi dari budaya indonesia sejak berabad-abad lantas, terutama di jawa. arti “batik” konon datang dari bahasa jawa amba yang bermakna menulis serta nitik yang bermakna bikin titik. dengan bebas, kata “batik” mengacu pada tehnik pembuatan corak serta pencelupan kain gunakan bahan perintang warna berbentuk malam ( wax ), yang diterapkan diatas kain. dalam bahasa inggris tehnik ini dikenal dengan arti wax-resist dyeing. tehnik ini cuma dapat diaplikasikan diatas bahan yang terbuat dari serat alami layaknya katun, sutra, serta wol. bila ada kain batik yang pembuatan corak serta pewarnaannya tidak menggunakan tehnik diatas kain tersebut diberi nama kain bercorak batik, bukan hanya kain batik. kain jenis itu umumnya dibikin dalam skala industri dengan tehnik cetak.

di bali, industri kerajinan batik diawali lebih kurang dekade 1970-an. industri tersebut dipelopori diantaranya oleh pande ketut krisna dari banjar tegeha, desa batubulan, sukawati – gianyar, dengan tehnik tenun-cap menggunakan alat tenun manual yang dikenal dengan sebutan alat tenun bukan hanya mesin ( atbm ). kerapnya orang bali kenakan batik untuk berupacara –sebagai bahan kain ataupun udeng ( ikat kepala ), mendorong industri batik di pulau ini terus berkembang dang maju. saat ini di bali sudah tumbuh beberapa puluh industri batik yang menampilkan corak-corak khas bali, juga corak-corak perpaduan bali dengan luar bali layaknya bali-papua, bali-pekalongan, dan sebagainya.

bubtik batik Beachwalk Bali

panduan menentukan kain batik
di beberapa toko kerajinan serta toko kain di bali, banyak dijual kain batik dengan beragam corak serta kualitas. untuk meringankan menentukan supaya sesuai pada duit yang anda keluarkan dengan kualitas barang yang anda peroleh, kenalilah terlebih dulu jenis-jenis batik yang ada. sekali lagi, dari segi tehnik pembuatannya, ada empat type kain batik yang dijual orang, yakni : batik catat, batik cap, batik gabungan catat-cap, batik printing, serta batik cabut ( perpaduan tehnik printing serta catat ).

untuk tahu apakah sehelai kain batik yang anda pegang merupakan batik catat atau yang lain, ada banyak hal yang butuh anda cermati diantaranya :

motif pada batik tulis walau polanya sama namun memiliki bentuk tidak sama persis ( asimetris ). ada sisi yang lebih kecil atau semakin besar dari gambar yang lain.
aksen dalam tiap-tiap gambar berbeda besarnya
motif batik tulis asli umumnya mempunyai aroma yang khas, warna yang dipakai datang dari kulit-kulit kayu, serta bahan alami lainnnya.
kain mori yang digunakan umumnya lebih berat di banding mori untuk type batik yang lain.

Jika anda ingin membeli batik koleksi batik muda di bali silahkan berkunjung di

Beachwalk Kuta – Bali, L3 AC 28-29, Jl. Pantai Kuta, Bali 80361