Ada berbagai nuansa gaya batik yang kita dapat bertemu di pasar. Selain berbagai nuansa gaya dari jenisnya di batik juga ada juga warna yang berbeda juga. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan berbagai macam desain dan warna dalam batik. Salah satu yang mungkin menjadi penyebab variasi dalam gaya dan warna baju batik modern adalah adanya pengaruh asing, baik secara langsung maupun tidak langsung. Jika tidak ada pengaruh asing dari gaya dan warna dari berbagai jenis batik tidak seperti sekarang kita lihat.

Itu karena pada awalnya hanya memiliki gaya batik dan warna yang terbatas untuk kategori tertentu dan tidak suka pada titik yang terkena pengaruh asing. Awalnya gaya dan warna baju batik yang tidak sepenuhnya digunakan oleh semua kelas. Pada awalnya hanya warna tertentu dan warna dalam batik yang dapat digunakan oleh kelompok-kelompok tertentu. Itu sangat berbeda dari hari ini. Saat ini semua gaya dan warna tidak dapat menggunakan setiap jenis batik modern tanpa pembatasan harus ditaati.

Itu adalah sesuatu yang hal yang berbeda antara negara-negara di zaman kuno dengan keadaan sekarang. Ada beberapa jenis batik yang menjadi gaya awal dan perubahan warna yang disebabkan oleh adanya pengaruh asing. Salah satu kategori asing dipengaruhi batik modern adalah batik pesisir. Kategori pakaian batik modern adalah hal yang memiliki tanda yang berbeda dari yang lain karena adanya pengaruh asing yang memberikan perubahan dalam gaya dan warna. Dengan baju batik pesisir maka kita bisa tahu ada sesuatu yang sangat istimewa yang memiliki nilai artistik dan banyak disukai oleh orang-orang, terutama pemakai batik.

Ada beberapa pihak asing yang dapat menjadi pihak yang memberikan efek perubahan dalam gaya dan warna batik pesisir. Salah satu dari banyak orang asing yang memiliki pengaruh pada gaya dan warna batik pesisir adalah pedagang asing. Pedagang asing bisa datang dari banyak negara atau kerajaan sekaligus. Mereka mengambil jenis warna dan pola yang mengarah pada pengaruh batik pesisir yang khas. Selain itu, pengaruh pedagang asing adalah pengaruh dari pihak lain termasuk penyerbu asing yang pernah dijajah. Mereka punya banyak pengaruh yang mengakibatkan perubahan dalam gaya dan warna busana batik modern yang memiliki karakteristik khusus dari berbagai jenis.

Ada baju batik modern yang memiliki warna merah sebagai karakteristik yang melekat pada kategori tertentu. Itu benar-benar hasil dari pengaruh asing. Warna merah ini terinspirasi oleh karya-karya yang dibuat oleh orang-orang dari Cina. Biasanya orang-orang dari Cina menggunakan merah sebagai warna yang digunakan pada pakaian mereka. Ini memberikan pengaruh pada karakteristik yang dimiliki oleh pakaian batik merah.

Selain pengaruh dari warna merah ternyata penggunaan Cina juga memberi efek gaya tipe yang digunakan di beberapa Pakaian batik. Gaya yang merupakan hasil dari pengaruh Cina adalah desain phoenix. Gaya ini ditandai dengan warna berbeda dan kategori lain menarik banyak orang. Dengan nuansa phoenix kemudian membuka variasi lain pada pola dan perubahan keadaan kaos batik yang telah membatasi sebelumnya tidak memiliki keterbatasan dalam hal gaya dan warna yang digunakan.
Salam Batik Lovers www.batikmuda.com @BatikMudaID