Motif Kain Batik Kalimantan Indonesia.  Kalimantan yaitu suatu lokasi di Pulau Kalimantan di bawah administrasi lokasi Negara Kesatuan Republik Indonesia, lokasi Kalimantan terdapat di selatan pulau Kalimantan (yang juga dikatakan sebagai Borneo). Lokasi Kalimantan berbatasan dengan Sabah serta Sarawak dibagian utara, sedang dibagian timur berbatasan dengan Selat Karimata, dibagian selatan berbatasan dengan Laut Jawa, serta di samping timur berbatasan dengan Selat Makassar, serta Laut Sulawesi. Sebelum saat pemekaran pada th. 1957 lokasi ini adalah satu lokasi administratif/propinsi yang beribukota di Banjarmasin.

Sampai kini yang populer hanya motif Batik dari pulau Jawa. walau sebenarnya Kalimantan juga mempunyai motif yang tidak kalah menarik serta khas. Apabila kain Batik Kalimatan Selatan populer dengan nama kain Sasirangan, kain batik Kalimantan Tengah populer dengan nama Batik Benang Bintik-nya.
Motifnya juga variatif dengan beberapa warna yang memanjakan selera. Motif yang umum yaitu Batang Garing (lambang batang kehidupan untuk orang-orang Dayak), Mandau (senjata khas suku Dayak), Burung Enggang/Tingang (Elang Kalimantan), serta Balanga. Warnanya lebih berani seperti shocking pink, hijau stabilo, merah jelas, oranye, serta ada banyak lagi.

Berikut beberapa motif batik dari kalimantan baik dari kalimantan timur, barat, tengah, selatan maupun utara. 

Gambar Motif Kain Batik Kalimantan Indonesia

Demikianlah artikel saya yang berjudul Motif Kain Batik Kalimantan Indonesia semoga bermanfaat. Jangan lewatkan artikel batik lainya hanya di blogbatikmuda.blogspot.com
Salam Batik Lovers www.batikmuda.com @BatikMudaID