Toko batik online www.batikmuda.com | Indonesia Top Directory

Batik Muda berdiri sejak 9 Maret 2011 yang berlokasi di BSD City, Serpong, Tangerang Selatan. Bergerak di bidang produksi dan perdagangan batik. Jenis produk yang dihasilkan antara lain pakaian batik untuk pria dan wanita. Desain produk merupakan hasil cipta dan kreasi “Batik Muda Collection”yang up to date, unik dan berbeda. Selain memproduksi pakaian batik, Batik Muda juga menyediakan kain batik dari berbagai daerah, tas batik, selendang batik, dan berbagai aksesoris lainnya.
Batik Muda yang didirikan dengan motto “Beyond a Cloth, It’s Art” mempunyai visi melestarikan warisan budaya Indonesia terutama kerajinan batikserta misi memberikan konstribusi dalam pelestarian budaya bangsa dengan lebih memperkenalkan kerajinan batik ke masyarakat luas baik di lingkup nasional maupun internasional. Batik Muda ingin menghadirkan nuansa baru di dunia perbatikan Indonesia. Setiap produk yang dihadirkan ditampilkan dengan sentuhan desain modern tanpa meninggalkan cita rasa seni dari batik itu sendiri. Kualitas merupakan hal utama di setiap produk.
Sampai saat ini, ada 3 jenis batik yang dihadirkan Batik Muda:

Batik Cirebon

batik-cirebon
Batik Cirebon banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Cina yang dibawa oleh para saudagar yang singgah dan berdagang di Cirebon, sebuah daerah di pesisir utara Jawa Barat. Salah satu motif yang paling terkenal dari Batik Cirebon yang dipengaruhi kebudayaan Cina adalah Mega Mendung atau Awan-awanan. Pada motif ini dapat dilihat baik dalam bentuk maupun warnanya bergaya selera Cina.
Mega Mendung melambangkan pembawa hujan yang dinanti-nantikan sebagai pembawa kesuburan dan pemberi kehidupan. Motif ini didominasi dengan warna biru, mulai biru muda hingga biru tua. Warna biru tua menggambarkan awan gelap yang mengandung air hujan, pemberi penghidupan, sedangkan warna biru muda melambangkan semakin cerahnya kehidupan.
Selain Mega Mendung, motif atau corak batik Cirebon pada dasarnya dapat digolongkan menjadi lima jenis, yaitu jenis Wadasan atau biasanya disebut batik Keraton, jenis Geometris, jenis Pangkaan, jenis Byur dan jenis Semarangan.

Batik Pekalongan

batik-pekalongan
Batik Pekalongan termasuk batik pesisir yang paling kaya akan warna. Sebagaimana ciri khas batik pesisir, ragam hiasnya biasanya bersifat naturalis. Jika dibanding dengan batik pesisir lainnya, Batik Pekalongan ini sangat dipengaruhi pendatang keturunan China dan Belanda. Motif Batik Pekalongan sangat bebas dan menarik, meskipun motifnya terkadang sama dengan Batik Solo atau Yogya, namun seringkali dimodifikasi dengan variasi warna yang atraktif. Tak jarang pada sehelai kain Batik Pekalongan dijumpai hingga 8 warna yang berani, dan kombinasi yang dinamis. Motif yang paling populer dan terkenal dari Batik Pekalongan adalah motif Batik Jlamprang.
Ada ciri-ciri khusus dari Batik Pekalongan, yakni gambaran motif serta pewarnaannya yang bersifat naturalis. Batik Pekalongan memiliki corak serta komposisi warna yang lebih kaya. Motifnya kebanyakan bernuansa pesisir. Misalnya, motif bunga laut dan bintang laut.

Batik Lasem

batik-lasem
Lasem terletak di pesisir utara pulau Jawa. Merupakan kota besar ke-2 di Kabupaten Rembang Jawa Tengah dan juga salah satu kota tua di Jawa Tengah. Konon Lasem dahulu adalah tempat singgah pertama para saudagar-saudagar China di pulau Jawa. Sehinggga banyak sekali di Lasem kita jumpai bangunan dan seni-seni yang bernafaskan Tionghoa. Pengaruh budaya Tionghoa pun terlihat jelas pada motif Batik Lasem seperti burung hong, banji, bunga seruni, dan liong. Motif-motif itu dicipta oleh Na Li Ni dan menjadi ciri yang sangat khas dan unik dari Batik Lasem hingga saat ini. Selain motif-motif tersebut, terdapat beberapa motif Batik Lasem lainnya yang terkenal, seperti motif Watu Pecah, Naga Kricak, Ceplok Piring, Sekar Jagat, Kawung Lerek Sekar Paksi serta Terang Bulan. Warna paling menonjol pada Batik Lasem dan menjadi ciri khas yang jarang ditemui pada batik dari daerah lain. Merah, menyerupai warna darah ayam. Selain itu, warna Batik Lasem didominasi warna khas pesisir yaitu kombinasi merah, kuning, biru, dan hijau. Ciri khas motif Batik Lasem yaitu terdapat motif titik.

http://blogbatikmuda.blogspot.com/2013/05/toko-batik-online-wwwbatikmudacom.html

Salam Batik Lovers www.batikmuda.com @BatikMudaID