Batik memang memiliki daya tarik sendiri di dunia internasional. Motifnya yang cantik dan penuh filosofi, menjadi kekhasannya dan identik sebagai kekayaan budaya tekstil Indonesia. Tak heran kalau banyak penyelenggara pameran di luar negeri mengundang para pengrajin batik untuk memperlihatkan keindahan batik.

Seperti batik Solo karya Mia Permata, yang merupakan putri dari komedian Srimulat, Djujuk Juwariyah. Ia akan terbang ke Taipei, Taiwan untuk ikut dalam pameran produk Indonesia.

“Kalau acara pamaren produk ini merupakan acara Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, ” kata Mia kepada VIVAlife, Kamis, 22 November 2012.

Pemilik butik batik Saseti ini memang sudah cukup lama menggeluti bisnis batik. Ia berusaha untuk mengembangkan batik Solo agar lebih dikenal di dunia internasional. Acara pameran batik di Taipei akan digelar pada 24-25 November 2012 mendatang.

“Selain pameran batik, kita dengan perajin di Solo juga akan menggelar demo membatik, ” ucap putri ketiga dari Djujuk tersebut.

batikmuda.com


Dalam acara ini, lanjutnya, Mia Permata membawa sekitar 100 potong busana. Mulai dari kemeja, dress, kebaya, jumputan, dan sarung.

“Mengenai warna-warnanya kita menyesuaikan dengan minat dari orang luar negeri. Biasanya mereka suka dengan warna cerah, mereka nggak suka dengan warna yang berat. Ya, kita bawa batik dan kebaya warna merah, biru, ” jelas Mia.

Koleksi batik Saseti, selain menampilkan koleksi motif batik asli, tapi ada juga yang merupakan motif kombinasi. “Motifnya kita kombinasi. Misal, parang kita kombinasikan dengan motif bunga,” kata Mia.

Salam Batik Lovers www.batikmuda.com @BatikMudaID